Cara Menjadi Mombassador SGM Eksplor Penuh Inspirasi dan Memotivasi

~~Mombassador SGM Eksplor Penuh Inspirasi dan Memotivasi~~

Perdana postingan blog saya ini terinspirasi dari Bunda-bunda hebat yang ikut di acara Mombassador SGM Ekspor 2018. Acara tersebut diadakan di Yogyakarta pada tanggal 7 Maret 2018 sampai tanggal 9 Maret 2018.
Mombassador SGM Eksplor 2018 yang merupakan batch ke-7 yang telah diadakan oleh SGM. Efek hebatnya menyebar dalam sinergi positif untuk terus berkarya dan membuat sesuatu yang lebih dan lebih berguna lagi untuk mencetak generasi bangsa yang maju dimasa depan.
^Bagaimana sih caranya sampai bisa kepilih jadi Mombassador SGM Eksplor 2018 ?
Keberuntungan ini berawal dari keisengan saya difacebook yang follow dan like fanpage aku anak SGM dan cari info-info apa sih yang bermanfaat buat anak saya. Disalah satu postingannya adalah pemilihan Mombassador SGM, tanpa pikir panjang saya langsung daftar buat ikutan pemilihan ini. Mengisi form digital yang diminta dengan beberapa pertanyaan sebagai bagian dari seleksi peserta audisi. Beberapa hari kemudian saya ditelepon dengan beberapa pertanyaan yang saya harus jawab. Setelah telepon mendebarkan sebelumnya, saya masih harus menunggu apakah saya berhasil melewati babak eliminasi tersebut. Penantian beberapa minggu dengan penuh harapan akhirnya berbuah manis,saya diinformasikan bahwa telah lolos audisi Temu Bunda Mombassador SGM Ekspor 2018 dengan aktif disosmed (instagram dan facebook aku anak SGM) .
Kemudian dilanjutkan konfirmasi melalui telepon oleh panitia yang menyampaikan beberapa pertanyaan dan memastikan kesediaan untuk mengikuti inagurasi selama 3 hari di Yogyakarta.
lembar informasi dari SGM

Apakah langsung saya jawab pertanyaan tersebut?
Sayangnya tidak, saya meminta waktu dua jam untuk meminta izin terlebih dulu ke suami saya. (padahal sebenernya sudah jelas ya acaranya tiga hari, yang semestinya sebelum mengisi form persyaratan saya sudah menanyakan terlebih dahulu ke suami selaku imam keluarga saya). Prosedural SGM begitu mengerti kondisi bunda jaman now yang suka galau dengan diizinkannya dong saya meminta izin terlebih dahulu, yang kemudian ditelepon lagi setelah tenggang waktu yang diberikan.
^Beneran ga sih Mombassador SGM Eksplor ini event terpercaya ?
Karena kekhawatiran suami saya dengan izin yang dia berikan, ternyata suami saya memastikannya lagi melalui line telepon customer care SGM dengan mencari nomornya di web. Muncullah kontak PT. Sarihusada Generasi Mahardhika Telepon: 021-29961555 (hunting) ; 08001505505 (Layanan bebas pulsa) sebagai customer dari SGM Eksplor. Setelah menanyakan kepastian acara, lokasi acara, tanggal acara dan biaya atas acara tersebut akhirnya suami bisa tenang mengizinkan saya mengikuti acara tersebut. Dan hal yang saya ingat dari pertanyaan suami yang saya sendiri pun masih belum bisa menjawabnya adalah
Beneran acara di Yogyakarta nanti gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun ?
Setelah suami saya mendapat penjelasan dari petugas customer care akhirnya suami saya yakin bahwa acara ini tidak dipungut biaya sepeserpun oleh SGM sendiri atau pun oleh panitia acara.
^Persiapan apa saja sebelum keberangkatan ke Yogyakarta?
Tahapan selanjutnya setelah mengkonfirmasikan kepastian peserta Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor untuk meninggalkan suami dan anak-anak tercinta selama tiga hari adalah mengundang di group komunikasi non-formal whatsapp dan facebook.

Melalui group komunikasi non-formal yang terbagi berdasar titik kumpul keberangkatan disampaikan berbagai informasi persiapan keberangkatan secara jelas oleh panitia acara. Seperti halnya saya yang berdomisili Jakarta dengan titik kumpul keberangkatan di bandara SoekarnoHatta maka digroup  whatsapp ini dikomunikasikan dimana para bunda dapat bertemu sebelum sampai dibandara untuk bersama mobil travel menuju bandara serta barang apa saja yang harus dipersiapkan.
^Hari Pertama Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Kayak Gimana Sih ?
Ini dia hari yang dinanti telah tiba. Untuk saya yang berdomisili Jakarta, jadwal keberangkatan dengan pesawat Batik Air jam 05.40  di Bandara SoekarnoHatta. Saya berangkat sebelum subuh langsung dari rumah menuju Bandara SoekarnoHatta. Sesampainya diruang check-in saya bertemu dengan "pasukan-merah" yang hampir memenuhi setengah ruang tunggu sebelum keberangkatan. Dengan dresscode bernuansa merah, buat saya pribadi jadi mudah menemukan rombongan Bunda Mombassador SGM Eksplor yang sebelumnya sama sekali belum pernah saya temui. Kurang lebih sekitar 60 bunda yang berkumpul di bandara Soekarno Hatta subuh dini hari ini.
Sesuai jadwal keberangkatan pesawat Batik Air membawa kami terbang menuju Yogyakarta. Namun kendala terjadi ketika kami akan melakukan pendaratan. Kami harus berputar diudara selama kurang lebih 40 menit sampai akhirnya pesawat diizinkan mendarat di bandara Adi Sucipto. Senyum ceria para bunda merekah. Kami para bunda sudah tidak sabar mengikuti acara demi acara yang telah dipersiapkan panitia. Panitia dari SGM telah siap menyambut kami diruang tunggu untuk selanjutnya mengarahkan kami ke bis menuju destinasi selanjutnya.

Destinasi pertama kami sesampainya di Yogyakartqa adalah adalah Restoran Cupuwatu. Ya, Kami sarapan di Resto Cupuwatu. Review terkait restoran Cupuwatu merupakan restoran dengan dekorasi etnik Jawa yang kental dengan sajian makanan modern dan memiki menu istimewa yang namanya Manuk Londo. Pagi menuju siang itu kami disuguhi makanan buffet. Setelah kenyang menikmati sarapan dan berfoto-foto ria selanjutnya kami berlanjut ke tujuan selanjutnya yaitu Candi Prambanan.
meja kami di Resto Cupuwatu
Rencana awal dari tujuan kami kemari adalah untuk melakukan pembagian goodie-bag, photosession per-bunda, photo bersama seluruh bunda didepan candi prambanan. Sebagai informasi bahwa disini saya bertemu dengan ratusan bunda lain yang berasal dari seluruh Indonesia yang kurang lebih jumlahnya mencapai 195 bunda. Kebayang dong yah bagaimana suasana ramenya serunya pertemuan pertama kami para peserta Mombassador SGM ini. Meski baru pertama kami bertemu tapi kami tidak sungkan untuk berfoto bersama. Seperti sudah naluri dimana acara yang berhitung satu, dua, kemudian kami seperti tergiring mengarahkan muka ceria kami ke kamera. Dan Tiga, kami semua tersenyum menahan perut agar terlihat langsing dikamera.

Restoran Rama Sinta menjadi tempat kami untuk melakukan photosession sampai dengan makan siang. Restoran ini memiliki suasana yang indah dengan udara segarnya. Memiliki pemandangan Candi Prambanan yang terlihat jelas didepan kami menjadi dayatarik tersendiri bagi restoran ini. Restoran ini pun memberikan kami menu dengan jumlah yang melimpah dan citarasa yang enak serta pelayanan yang ramah.
Selesai makan siang, kami melanjutkan kegiatan kami dengan outbond. Beragam kegiatan outbond yang memancing adrenalin dan mengasah otak kami. Pengetahuan mengenai gizi tidak luput dari permainan di outbond ini. Keseruan yang belum tentu bisa kami rasakan lagi dievent yang lain.
Manusia berencana namun Tuhan yang berkehendak. Hujan turun ketika kami akan melakukan foto bersama seluruh bunda Mombassador SGM. Dan kami terpaksa harus memupuskan cita-cita indah kami berfoto bersama, untuk selanjutnya menuju ke Hotel.
Ada apa sih di malam pertamanya Bunda Mombassador SGM Eksplor?
Bis kami mengarah menuju ke jalan Palagan Tentara Pelajar Km.7 yang akhirnya ke berhenti Hotel Alana. Sedikit informasi bahwa Hotel Alana merupakan Hotel bintang 4 dan bagian dari group Hotel Aston.
Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk ukuran hotel di daerah Sleman. Kolam renang, Wifi disetiap kamar sudah pasti menjadi standart yang harus ada untuk type hotel sekelas Alana ini. Dan yang melegakan saya sebagai ibu menyusui yang masih harus memompa asi adalah fasilitas penitipan asi. Selama acara di Yogya, ASI yang saya pompa tersimpan aman di hotel ini dan saya bisa membawa pulang oleh-oleh ASI untuk anak saya yang kecil. Panitia begitu luar biasa memikirkan fasilitas yang menunjang bagi para bunda untuk acara ini.
Kami bergegas menuju kamar setelah nomor kamar dibagikan. Koper yang tadi sudah dititipkan panitia ternyata sudah mendarat dengan cantik dikamar. Ditambah sentuhan manis dari panitia yang membuai hati para bunda dengan diberikannya kejutan manis. Setangkai bunga mawar merah disandingkan dengan cokelat dan kartu ucapan membuat hati begitu berbunga-bunga. Romantisnya mengalahkan keromantisan suami yah bun💗💖💖

Saya disini bersyukur dipasangkan dengan rekan sekamar yang begitu super. Bunda Yellia Fatma adalah rekan sekamar saya. Beliau adalah Ketua Bidang Pendidikan / Pengembangan Profesi dari organisasi Ikatan Kartini Profesional Indonesia. Bunda Yellia begitu saya memanggil beliau. Selisih usia yang tidak sedikit tidak menjadi masalah buat beliau. Wanita yang supel, hebat, mau berbagi tips bagaimana mengasuh anak sehingga memiliki anak yang luar biasa hebat juga seperti bundanya. Saya belajar banyak dengan beliau selama 3 hari disana.

Saya dan Bunda Yellia  bergantian membersihkan badan sebelum menghadiri welcome dinner yang dilanjutkan seminar. Seminar pertama diisi oleh narasumber Ninda Nindiani, MA dengan tema Personal Branding. Seminar kedua diisi oleh Ibu Candy Belani, pendiri Komunitas Omah Parenting. Motivator luar biasa memberikan efeknya pada saya sampai saat ini. Sungguh tidak menyesal saya mengikuti acara ini. Malam Pertama bersama Bunda Mombassador yang sangat berkesan.
Hari ke-dua Mombassador SGM
Kami memiliki jadwal yang padat pada hari ini. Dimulai dari sarapan dilanjutkan dengan visit ke Pabrik Sari Husada. Banyak sekali foto-foto yang menggambarkan keceriaan kami dipabrik. Dipabrik Sari Husada kami juga mendapatkan tambahan materi terkait dengan gizi anak, informasi terkait standart mutu pabrik. Sebagai catatan saya bahwa Pabrik Sari Husada ini memiliki mushola yang bersih tertata rapi dan nyaman untuk beribadah. Lingkungan pabrik begitu dijaga kebersihannya dan tingkat keamanannya juga berlapis. Jadi ga sembarang orang bisa masuk pabrik yah.

Setelah selesai dari pabrik kami kembali ke Candi Prambanan untuk melakukan pemotretan seluruh bunda Mombassador yang belum terealisasikan di hari pertama. Selesai dari sana kami memiliki jadwal padat berikutnya adalah Gala Dinner. Disini para bunda berdandan cantik untuk mengikuti acara ini. Mereka berfoto-foto penuh keanggunan dibalut dress bernuansa merah.

Gala Dinner penuh hadiah. Itulah kalimat yang pas untuk menggambarkan malam ini. Pihak panitia membagikan banyak hadiah melalui beberapa game yang diadakan. Game secara perseorangan dan game perkelompok. Dan Alhamdulillah saya berkesempatan mendapat hadiah. Acara berlangsung sampai malam dan kami semua larut dalam keceria. Acara malam ini ditutup dengan foto bersama dan kami harus beristirahat untuk menyiapkan tenaga di hari ke-3 besok.
Diawali sarapan cantik dan dua seminar berikutnya. Beberapa bunda dibagi menjadi beberapa kelompok dan mengikuti seminar dalam dua kelas terpisah yang dibagi menjadi dua sesi. Acara dilanjutkan dengan pengumuman lomba sosmed dan vlog. Sayangnya disini saya kurang beruntung, yah namanya perdana yah ikutan acara seperti ini. Berhasil diundang ke Yogya dan bertemu banyak bunda hebat saja saya sudah bersyukur sekali.
Semakin dekat ke detik-detik perpisahan dengan para bunda hebat.

Sayang sekali ini merupakan hari ketiga, harinya perpisahan dari serangkaian kegiatan Temu Bunda Mombassador SGM Ekspor tahun ini di Yogyakarta. Bis kami sudah bersiap mengantar kami ke Bandara. Tapi yah namanya bunda-bunda dimana ada kamera siap take, kami tidak berhenti untuk pasang gaya. Sampai jumpa bunda-bunda hebat lain di event SGM selanjutnya.